Pura Ulun Danu

Things To Do Tue, 06 Jul 2021

Habitat Ikan Cantik yang Wajib Kamu Kunjungi di Bali

Kalian adalah penikmat pantai di Bali, namun belum pernah mengajak anak-anak untuk snorkeling? Eit’s, tidak bisa berenang bukan alasan untuk tidak mencoba pengalaman satu ini. Selain kamu akan berdecak kagum akan keindahan bawah laut, snorkeling juga bisa memberikan pengalaman terbaik ke anak-anak untuk merasakan pengalaman snorkeling di Bali dan berinteraksi dengan ikan-ikan secara nyata.

460x225-snorkeling 460x225-nusa-penida 

Namun masih bingung mau snorkeling dimana? Kami sudah merangkum beberapa spot terbaik di Bali untuk melakukan snorkeling. Kenakan perlengkapan snorkling-mu dan jelajahi dunia menakjubkan di bawah ombak.

 

1. Tulamben

Snorkeling spot pertama kami pilih adalah Tulamben, merupakan salah satu desa yang berlokasi di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bagian Timur Bali. Tulamben merupakan kata yang diambil dari Bahasa Bali “Batu Lambih” atau tempat yang berisi banyak batu dari letusan Gunung Agung dari waktu ke waktu.

298x225-tulamben-1 298x225-tulamben-2 298x225-tulamben-3 

Snorkeling Point di Tulamben ini memiliki 2 rute, rute pertama yaitu rute kanan, dimana lokasi ini benar-benar merupakan situs yang unik, kamu dapat melihat ke bawah 3 meter dan melihat sisa-sisa bangkai kapal karam USAT Liberty yang terkenal di dunia yang telah berada di dalam air selama lebih dari 50 tahun. Menyaksikan ikan berenang dalam lingkaran besar yang bergerak mundur dan maju di atas bangkai kapal adalah hal yang luar biasa dan merupakan kesempatan berfoto yang bagus, kamu juga akan melihat “great barrel sponges” atau spesies spons yang tumbuh di karang berukuran besar, kipas laut, dan karang keras dan lunak yang menempel di bangkai kapal dan menyediakan perlindungan bagi beragam ikan tropis berwarna cerah yang luar biasa. 

Kemudian untuk rute kedua yaitu  rute kiri disebut juga Coral Garden, dimana merupakan perairan dangkal yang menjadi rumah bagi sejumlah besar Ikan Anemon, Pari Berbintik Biru, atau Hiu Karang Ujung Putih yang sesekali muncul disini.

 

2. Amed

Masih berada di Karangasem, Amed adalah sebuah desa kecil yang terletak tak jauh dari lokasi yang mengelilingi teluk yang terlindung. Terletak tepat di pantai menuju tengah teluk, menyediakan akses mudah dan pemandangan indah. Teluk yang tenang ini memiliki arus yang kecil dan lokasi snorkeling dapat dicapai langsung dari pantai. Amed atau Teluk Jemeluk adalah rumah bagi kebanyakan biota laut yang sangat beragam, hal ini pula yang membuat snorkeling di Bali benar-benar menyenangkan. 

298x225-amed-1 298x225-amed-2 298x225-amed-3 

Biasanya kamu akan menemukan Ikan Parrot, si malaikat “Angelfish”, Ikan Kelelawar berbibir merah, Ikan Bendera atau “Moorish Idol”, Kakap, dan banyak lagi. Kamu bahkan mungkin beruntung bisa melihat Penyu Hijau atau Hiu Karang Kecil.

 

3. Padang Bai

Biasanya kami lebih menyukai jika diajak ke Blue Lagoon selain duduk di atas pasir putih cerah milik Pantai Padang Bai, karena merupakan situs snorkeling favorit banyak perenang snorkeling di Bali, dengan karangnya yang indah. Perairan yang jernih dan biru, dasar berpasir dan cahaya yang terang menjadikan tempat ini sangat populer untuk mengambil foto bawah air.

298x225-padang-bai-1 298x225-padang-bai-2 298x225-padang-bai-3 

Butuh naik boat 15 menit menggunakan perahu tradisional milik penduduk lokal dari Pantai Padang Bai untuk menemukan snorkeling point ini. Seperti yang kamu harapkan, ada banyak hal untuk dilihat termasuk Angel Fish, Butterfly Fish, Parrot Fish, Lionfish, dan banyak lagi. Kamu mungkin melihat Ikan Sotong atau Cuttlefish yang sering terlihat di sini, mereka berubah warna untuk menyamarkan diri atau untuk memperingatkan makhluk lain. 

4. Segitiga Poin: Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan

 298x225-lembongan-1 298x225-nusa-penida-2 298x225-lembongan-3 

Pemandu snorkeling biasanya akan menawarkan kamu untuk sekaligus mengunjungi segitiga poin ini di Nusa Penida, dan dua pulau kecil lainnya yaitu Lembongan dan Ceningan. Mulai dari karang yang terjaga kealamian-nya  di perairan jernih. Bahkan jika beruntung bertemu dengan ikan besar seperti Mola-mola atau Pari Manta yang luar biasa bukanlah sebuah mimpi. Kamu bisa menikmati indahnya visual bawah laut dengan ikan berwarna cerah, sebuah kehidupan laut dan keanekaragaman hayati yang luar biasa.

Snorkeling juga bisa memberikan edukasi kepada si kecil untuk semakin peduli dengan lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan karena akan berakhir di laut dan mencemari kehidupan biota laut. 

SHARE IT |

Leave a Comments

Comments (1)

Anindya A. 11:16 AM | Aug 05, 2021
Segitiga poin bisa ketemu mola-mola pas beruntung!